Rabu, 24 Juni 2015

WELCOME TO BROADCASTING WORLD


Assamualaikum,



Halooooooooooooooo saya kembali lagi dengan post yang gak jauh jauh dari yang sebelumnya, yaitu salah satu jurusan yang berada di UMM dan kebetulan saya ada di jurusan itu, yaitu Ilmu Komunikasi, atau biasa di sebut ILKOM. yap Ilkom berasal dari fakultas FISIP ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)


Kebetulan nih ILKOM di UMM itu status akreditasinya A loh, jadi mungkin bakal lebih gampang dalam mencari lapangan pekerjaan kalau udah lulus.




Jurusan ini memiliki tiga peminatan, yaitu :
  • Public Relations
  • Jurnalisme
  • Komunikasi Audio Visual

Secara periodik reformasi kurikulum di lakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.

Guna meningkatkan skill dan mewadahai bakat mahasiswa, Jurusan Ilmu Komunikasi menyidiakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini theater, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio photografi, komputer multimedia dan design grafis.

Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, study banding, dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen.

Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalama upaya pengembangan minat dan bakat seperti :


JUFOC ( Jurnalistic Fotography Club )
HIMAKOM ( Himpunan Mahasiswa Komunikasi )
Kine Club ( Kelompok Pecinta Sinematografi )
PR Club
Journalistic Club 

Kegiatan di atas adalah contoh beberapa wadah aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional.

Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter "Eagle Awards Metro TV", penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll. Alumni banyak terserap di institusi media massa stasiun TV, radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainnya.

TUJUAN, VISI DAN MISI DARI ILMU KOMUNIKASI UMM :
  • VISI :
  1. Menjadi jurusan yang unggul dan berdaya saing dalam pengembangan keilmuan dan keterampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam. 
  • MISI :
  1. Menyelenggaroakan pendidikan untuk pengembangan pola pikir, wawasan dan ketrampilan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi yang beroreantasi pada gerakan media literacy.
  2. Memajukan aktifitas penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan masyarakat yang berdimensi komunikasi.
  3. Melaksanakan pengabdian di bidang komunikasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengintensifkan aktifitas pelatihan di bidang public relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik.
  5. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam kerangka perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi komunikasi secara kelembagaan
  • TUJUAN :
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi public relation, komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki akses pada berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan jalinan kerja sama.
  3. Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang berdaya guna bagi masyarakat akademik dan umum
  4. Menghasilkan lulusan yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat berbasis media literacy. 

PRESTASI DAN KARYA YANG PERNAH DI RAIH OLEH JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UMM :


Karya dari dosen-dosen Ilkom UMM :



Nurudin, S.Sos, M.Si






Frida Kusumastuti, S.Sos, M.Si



Pengakuan Kepala Humas Indonesia
Kegiatan-Kegiatan Humas
Hukum Media Massa






Karya dari mahasiswa/mahasiswi ILKOM UMM :
Prestasi di Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2009. Taufan Agustian dan Abdul Malik dinobatkan sebagai pemenang ide cerita terbaik untuk film "Merajut Impian Dibalik Catwalk Jalanan" Tak hanya itu, film tersebut juga memperoleh dukungan terbanyak dari pemirsa sehingga meraih film favorit pilihan pemirsa.

Mahasiswa Semester 5 Konsentrasi Jurnalistik dan Studi Media Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) launching 3 buku.
 

Dan baru-baru ini ILKOM UMM meraih prestasi yang membanggakan yaitu :

"BEST SCHOOL OF COMMUNICATION 2013"


Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru saja mendapatkan perhargaan ademik sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management 2013 versi Majalah Mix. Penghargaan ini didasarkan hasil survei terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed ByBlogger Templates